Rapat Koordinasi BKPRN Eselon I dan Eselon II

Rapat Koordinasi BKPRN Eselon I dan Eselon II

Pada tanggal 25 Agustus 2015 yang lalu, bertempat di Jakarta telah diselenggarakan rapat koordinasi BKPRN tingkat Eselon I dan Eselon II. Agenda yang dibahas dalam rakor tersebut antara lain Persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BKPRN 2015, persiapan penyelenggaraan perayaan Hari Tata Ruang Nasional (Tarunas) 2015, dan usulan format kelembagaan BKPRN. Rapat dipimpin oleh Plt. Dirjen Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN dan dihadiri oleh Deputi Bidang Perekonomian, Sekretariat Kabinet; jajaran Eselon II dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian; serta perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan BIG.

rapat_bkprn_sultan_2Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BKPRN sesuai dengan Kepmen PPN No. 46 Tahun 2013, diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali dengan tujuan merumuskan dan menyepakati bahan penyusunan agenda kerja BKPRN untuk 2 (dua) tahun kedepan. Direncanakan Rakernas BKPRN 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 5 November 2015 di Jakarta. Dengan usulan tema yang dilatarbelakangi oleh perwujudan Nawacita dan implementasi RPJMN 2015-2019, yakni “Memperkuat Kelembagaan Penataan Ruang Nasional yang Efektif untuk Mewujudkan Nawacita.”

Sementara itu, usulan tema yang akan diusung dalam perayaan Hari Tarunas 2015 adalah “Menghadirkan Negara untuk Mewujudkan Tata Ruang Berkeadilan”. Perayaan Hari Tarunas 2015 akan diselaraskan dengan perayaan hari Agraria Nasional 2015. Untuk itu, rangkaian acara perayaan hari Tarunas 2015 akan dimulai bersamaan dengan perayaan hari Agraria Nasional yaitu tanggal 24 September 2015 dan puncak acara direncanakan dilaksanakan pada tanggal 8 November 2015.

Selanjutnya dalam rapat dibahas usulan format kelembagaan BKPRN paska terbentuknya Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Kemen ATR). Usulan kelembagaan mengarah pada struktur yang lebih ramping dengan harapan pengambilan keputusan lebih mudah dan cepat. (AO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>