Menteri ATR/Kepala BPN Luncurkan Hantaru Tahun 2015

Menteri ATR/Kepala BPN Luncurkan Hantaru Tahun 2015

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN, Ferry Mursyidan Baldan, meluncurkan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2015 di Lapangan Parkir Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Minggu (27/9).

Hadir pada acara tersebut Pejabat Eselon I, Eselon II, Eselon III, Eselon IV di lingkungan Kementerian ATR/BPN, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Kepala Kantor Pertanahan se-Jabodetabek, Pengurus Dharma Wanita Kementerian ATR/BPN, serta tamu undangan lainnya.

Hantaru Tahun 2015  mengambil tema “Tanah Untuk Ruang Hidup Yang Memakmurkan dan Menentramkan” dan akan berlangsung  dari tanggal 27 September 2015 sampai 8 November 2015.

Pada acara tersebut, Ferry Mursyidan Baldan mengatakan bahwa tanah seharusnya tidak boleh menjadi sesuatu yang menyengsarakan dan memiskinkan masyarakat sehingga setiap kebijakan pertanahan yang dibuat harus tidak menyengsarakan masyarakat. “Kementerian ATR/BPN berada di garis terdepan dalam mengangkat beban hidup masyarakat,” tegas Ferry.

Menurut Ferry, salah satu upaya yang dilakukan adalah penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan penghapusan Pajak Penghasilan (PPh) dalam ganti rugi. “Dalam ganti rugi lahan merupakan penghormatan keberpihakan kita pada masyarakat. Nilai ganti rugi tanah nantinya harus berdasarkan musyawarah dan tim penilai, bukan berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP),” tutur Ferry kepada para undangan yang hadir.

Selain itu, Ferry mengatakan bahwa tanah bukanlah sesuatu hal yang eksklusif dan tidak dapat digunakan dengan sesuka hati pemiliknya. Tanah tidak hanya mengenai kepemilikan sertipikat semata. Ferry menyebutkan tanah haruslah dilihat dari aspek kegunaan dan kemanfaatannya. “Tata Ruang harus mampu mengendalikan penggunaan tanah serta kemanfaatan dari tanah,” ujar Ferry.

Mengenai kegiatan Hantaru Tahun 2015 tersebut,, Ferry mengatakan bahwa ini merupakan penggabung antara Hari Agraria Nasional dengan Hari Tata Ruang Nasional. “Ini baru pertama kali dilaksanakan,” ungkap Ferry.

Ferry juga menyebutkan bahwa simbol Hantaru Tahun 2015 ini merupakan makna dari keteraturan. “Dalam simbol dapat kita lihat ada jabat tangan. Hal itu merupakan proses penyatuan dari kebijakan BPN dengan tata ruang,” jelas Ferry.

Kegiatan Hantaru Tahun 2015 ini meliputi Pentas Seni, Penyerahan Sertipikat,dan Pekan Hantaru yang akan diisi oleh penyelenggaraan pameran dan seminar. “Saya meminta hasil dari kegiatan seminar maupun talkshow nanti akan dibuat dalam bentuk buku,” kata Ferry.

Ferry juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi agar setiap Kepala Kantor Pertanahan di ibukota Provinsi harus menyelenggarakan pelayanan pada saat Car Free Day (CFD) setiap hari Minggu. “Selain itu juga Kementerian ATR/BPN harus aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan sosial,” jelas Ferry.

sumber: http://www.bpn.go.id/Berita/Siaran-Pers/menteri-atrkepala-bpn-luncurkan-hantaru-tahun-2015-60178

link lainnya:

– http://www.bpn.go.id/Berita/Pengumuman/logo-dan-rundown-acara-peringatan-hantaru-2015-60141

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>