Rakor Tindak Lanjut Penyelesaian Materi Teknis RDTR KIP dan Sekitarnya

Rakor Tindak Lanjut Penyelesaian Materi Teknis RDTR KIP dan Sekitarnya

Bertempat di kantor Bappeda Kota Bitung tanggal 3 Agustus 2016 berlangsung rapat koordinasi untuk membahas kesiapan penyusunan RDTR sekitar Kawasan Industri Prioritas (KIP) Bitung.Dengan perencanaan sekitar KIP, diharapkan tidak terjadi enclave dan kesenjangan antara KIP dan sekitarnya.

Rapat dihadiri oleh SKPD terkait di kota Bitung dan Propinsi Sulawesi Utara, Kantor Pertanahan Kota Bitung, Camat terkait, serta unsur pemerintah pusat, meliputi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Perindustrian, dan Bappenas.

Dalam pembukaan, Drs Oktorialdi, MA, PhD, Plt Direktur Tata Ruang dan Pertanahan, Bappenas menyampaikan penyusunan RDTR sekitar KIP Bitung perlu diselaraskan dengan kegiatan-kegiatan perencanaan tata ruang lainnya di Kota Bitung, di antaranya dengan penyusunan RDTR Kecamatan Girian.

Drs Albert M. Sarese, MSi, Kepala Bappeda Kota Bitung mengungkapkan terdapat beberapa materi teknis rencana tata ruang pada lokasi yang relatif sama, sehingga perlu ditentukan wilayah rencana mana yang akan ditetapkan dengan peraturan daerah.

Sebagai tindak lanjut, akan dilakukan pertemuan di tingkat pusat untuk memetakan kegiatan yang terkait perencanaan tata ruang di Kota Bitung, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Tentu tidak sebatas pemetaan, tetapi juga sinkronisasi antar kegiatan. Dengan demikian dapat mendukung kesiapan implementasi kegiatan prioritas nasional tahun 2017, yakni penyediaan peta dasar skala 1:5.000, bimbingan teknis penyusunan RDTR, serta evaluasi Raperda RDTR sekitar KIP Bitung. (rt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>