Rapat Sinkronisasi Perizinan Bidang Penataan Ruang

Rapat Sinkronisasi Perizinan Bidang Penataan Ruang

Untuk membahas lebih lanjut permasalahan perizinan dalam pemanfaatan ruang maka di selenggarakan Rapat Sinkronisasi Perizinan Bidang Penataan Ruang, yang bertempat di Hotel Ambhara pada 9 Agustus 2016.

Rapat dipimpin oleh Agus Sutanto, ST, M.Sc. dari Kementerian ATR/BPN dan dihadiri perwakilan dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ada beberapa permasalahan yang telah diidentifikasi, seperti permasalahan dengan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah terkait kewenangan di kawasan perbatasan negara, kedudukan Izin Pemanfaatan Ruang yang merupakan domain bersama (diatur berbagai peraturan perundang-undangan), keputusan izin tidak secara tegas menyatakan hal-hal yang menjadi kewajiban calon pengguna ruang dan dimungkinkannya untuk pengguna ruang tidak wajib mengurus izin prinsip dan izin lokasi.

Salah satu alternatif solusi permasalahan tersebut adalah penyusunan Permen ATR/BPN tentang Pemberian Izin Pemanfaatan Ruang untuk mempertegas dan memperinci amanat UUPR dan PP 15/2010.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah Kementerian ATR/BPN akan melanjutkan proses penyusunan Rapermen ATR/BPN tentang Pemberian Izin Pemanfaatan Ruang. Masukan dalam rapat akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan rapermen. (AS/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>