Pembahasan Teknis KEK dan KIP

Pembahasan Teknis KEK dan KIP

Bertempat di ruang rapat Sekretariat BKPRN, pada tanggal 12 Oktober 2016 diselenggarakan rapat Pembahasan Teknis KEK dan KIP. Rapat ini bertujuan untuk mendiskusikan konsep, delineasi, positioning, dan persandingan penyelerasan antara Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Industri Prioritas (KIP). Dimana arah kebijakan industri kita adalah: i) pembangunan perwilayahan industri; ii) peningkatan populasi industri; iii) peningkatan produktivitas dan daya saing.

Terkait KEK dan KIP yang berada pada lokasi yang sama, pada awalnya merupakan KIP yang kemudian statusnya dinaikkan menjadi KEK agar mendapatkan fasilitasn dan kemudahan (dalam perizinan, pajak, dll). Dibutuhkan pembentukan Badan Pengelola yang sangat krusial dalam pengembangan KIP. Badan Pengelola ini akan bertugas menyelesaikan permasalahan seperti pembebasan lahan, dll.

KEK mempunyai fungsi kawasan yang bermacam-macam, seperti industri, pariwisata, dll. KIP dapat berkembang apabila sudah ada anchor industry yang nantinya akan membangun kawasan tersebut serta sebagian infrastruktur. Istilah KIP muncul dalam RPJMN karena nawacita menyebutkan harus ada pembangunan kawasan industri yang akan menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru, yang akhirnya muncul 14 KIP. Dalam RKP 2017, ada 6 KIP yang akan didorong yaitu Sei Mangkei, Bitung, Palu, Bantaeng, Landak, dan Mandor.

Dalam UU 3/2014 tentang Perindustrian, pendekatan yang dipakai adalah pendekatan perwilayahan, dengan tujuan untuk mendorong pembangunan di wilayah timur Indonesia. Delineasi wilayah sekitar KIP ditentukan berdasarkan fungsional dan diambil seluas-luasnya untuk mengantisipasi multiplier effect dari kegiatan industri. Untuk itu diperlukan identifikasi perbedaan perlakuan perundang-undangan terhadap KIP dan KEK.

Sudah banyak investor yang tertarik berinvestasi di KIP-KIP tersebut, seperti di KIP Morowali dan KIP Konawe. Pertemuan selanjutnya akan dibahas kesiapan /status lahan untuk pembangunan KIP tahun 2017. AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>