Jokowi Ingin Maluku Utara Fokus ke Industri Kelautan dan Perikanan

Jokowi Ingin Maluku Utara Fokus ke Industri Kelautan dan Perikanan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat terbatas mengenai evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Maluku Utara. Jokowi menghendaki, Provinsi Maluku Utara memiliki produk unggulan sehingga bisa mendorong kegiatan ekonomi masyarakat.

Contohnya, Jokowi mengatakan, bisa dioptimalkan sumber daya sektor kelautan, perikanan maupun industri pengolahannya. Ini didukung juga dengan Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di 2016 sebesar 5,7%.

Pemerintah juga akan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai. Di mana, perlu dukungan pembangunan infrastruktur pelabuhan, pembangkit listrik, penyimpan logistik, cold storage, hingga pelatihan vokasional untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter.

“Oleh sebab itu pada siang hari ini kita ingin lebih dibahas dengan menteri mengenai apa yang bisa kita bantu agar Maluku Utara bisa bergerak lebih baik lagi,” ujar Jokowi di Kantor Presiden, Selasa (28/2/2017).

Jokowi menambahkan, semua provinsi harus memiliki produk unggulan yang mampu mendorong kegiatan ekonomi masing-masing wilayah. Dia mencontohkan negara bagian Kalifornia di Amerika Serikat yang mengembangkan destinasi wisata golf.

“Mereka adalah sebuah destinasi yang terbaik di dunia, enggak salah memiliki kota itu memiliki 34 padang golf. Ya hanya itu, dikembangkan secara fokus infrastrukturnya juga arahnya semuanya ke sana dan ternyata mereka bisa hidup dari destinasi wisata golf yang terbaik di dunia,” tambahnya.

“Kita ingin semua provinsi juga sama memiliki sebuah unggulan, sehingga memiliki daya saing dalam berkompetisi di tingkat regional maupun global,” tambah Jokowi. (hns/hns)

Sumber: detik.com | 28 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>